image image image image
Charity Program ; BERANI GUNDUL 2018   Yukkk ikutan Lomba Menyanyi dan Mewarnai... Dalam Rangka Hari Kanker Anak Internasional, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cab. Smg bekerjasama dengan Harian Suara Merdeka mengadaka Charity program #BERANI GUNDUL 2018 ikuti Kegiatan2 kami: LOMBA MENYANYI KAT A : Kl. 1 - 3 SD KAT B : Kl. 4 - 6 SD Registrasi peserta 50.000 Read the Full Story
Kontes Foto di Instagram [caption id="attachment_1071" align="aligncenter" width="541"] Kontes Foto - Fantastisk Hari Ibu[/caption] KONTES FOTO “FANTASTIK HARI IBU” Selamat Hari Ibu Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional setiap tanggal 22 Desember. Tanggal itu dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, 22-25 Desember 1928.   Ayo Foto bersama Ibu saat bermain di gamefantasia Jangan lupa ikutan kontes foto Fantastik Hari Ibu dan menangkan voucher bermain senilai Rp.5.000.000. Caranya: Foto diri kamu saat bermain di gamefantasi bersama ibu mu.(ibu dan anak) Upload dan Tag foto kamu ke instagram @gamefantasia Gunakan hashtag #fantastikhariibu #gamefantasia Upload sebanyak-banyaknya untuk kesempatan menang lebih besar Kontes Foto dimulai tgl 20 Desember 2017 sd 20 Januari 2018 Read the Full Story
“3rd Birthday Run Fakerunners” Memperingati HUT Fakerunners Indonesia ke-3, Game Fantasia Indonesia selaku sponsor acara, mengundang rekan-rekan Runners dan Media Partner Untuk ikut hadir dalam Acara "3rd Birthday Run Fakerunners" pada : •Hari/Tanggal : Sabtu, 30 September 2017 •Venue : Area DP Mall Semarang •Pukul : 05.30-Selesai Read the Full Story
Merchandise GFAN Yuk berburu merchandise dari gamefantasia, koleksi hadiah-hadiah terbatas ini.   Bollpoint GIO hanya 60 Tiket. Read the Full Story

13 Tips Belajar Efektif Jelang Ujian (Bagian I)

ilustrasi

Menyongsong tahun yang baru, setiap orang pun memiliki resolusi. Satu yang pasti, kita berjanji untuk menjadi pribadi lebih baik di tahun yang baru. Demikian pula dalam kehidupan perkuliahan. Para mahasiswa pun berniat menyelesaikan perkuliahan dalam waktu singkat serta memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang memuaskan.
Untuk mewujudkan keinginan tersebut, kita pun harus mengevaluasi. Sudahkah efektifkah cara kita belajar? Menurut Wikihow, Senin (31/12/2012) terdapat beberapa tips cara belajar yang efektif.

Buat jadwal
Buatlah jadwal yang jelas untuk kegiatan sehari-hari termasuk durasi di tiap kegiatan. Mulai dari bangun tidur, belajar, istirahat, makan, hingga tidur malam.

Tuliskan kembali
Menulis kembali catatan Anda adalah cara belajar terbaik, terutama bagi Anda yang merupakan pembelajar kinestetik. Mind mapping adalah cara paling efektif untuk belajar. Sebab, ketika Anda kembali menulis sesuatu, Anda akan berpikir tentang apa yang Anda tuliskan dan mengapa Anda menulis itu. Dengan menulis kembali, memori Anda kembali disegarkan. Oleh karena itu, bacalah catatan perkuliahan Anda satu bulan lalu dan tuliskan kembali materi yang Anda pelajari dan akan ke luar dalam ujian Anda. Sehingga ketika hari H Anda tidak lagi bingung harus menjawab pertanyaan tersebut.

Temukan jam belajar yang tepat
Jangan belajar ketika Anda dalam keadaan lelah. Lebih baik belajar selama dua jam satu hari daripada mencoba menjejalkan semua materi ujian hingga jam dua dini hari. Sebab, Anda justru tidak akan mengingat banyak hal dan cenderung berhenti sebelum mempelajari materi yang dibutuhkan.

Jangan belajar tergesa-gesa
Menjejalkan berbagai materi perkuliahan pada malam sebelum hari ujian terbukti tidak berguna, karena informasi yang Anda dapatkan sangat banyak sehingga tidak mungkin untuk dapat menghafal sama sekali. Belajar sebelum dan pergi di atasnya beberapa kali benar-benar adalah cara terbaik untuk mempelajari materi, apalagi materi seperti sejarah dan mata pelajaran yang berhubungan dengan teori.

Subyek studi
Cara belajar pun dipengaruhi oleh materi perkuliahan yang kita pelajari. Untuk mata kuliah yang bersifat teori Anda mungkin cukup membaca, memahami, ataupun menghafal buku pegangan maupun catatan Anda. Namun, untuk mata kuliah yang memiliki unsur hitungan, Anda perlu mengerjakan contoh kasus sehingga dapat membantu membuka pikiran Anda jika soal serupa dikeluarkan dalam ujian.

Lingkungan
Lingkungan tempat Anda belajar akan mempengaruhi efektivitas belajar tersebut. Setiap orang memiliki faktor pendukung berbeda dalam mempermudah mereka memahami materi ujian. Ada yang nyaman dengan belajar sambil ditemani musik favorit adapula yang mudah menyerap materi sambil makan.

Namun, perlu diingat, saat memilih musik sebagai pengiring belajar, pilihlah musik yang menenangkan. Jangan pula memilih lagu-lagu kesukaan yang justru membuat kita terus bernyanyi sepanjang waktu belajar.

Tanpa disadari, kebersihan lingkungan sekitar kita belajar ternyata dapat mempengaruhi efektivitas belajar. Maka, bersihkan terlebih dahulu lokasi kita belajar terutama dari benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian kita selama belajar. (bersambung)

sumber : http://bit.ly/YB2u9I

Comments

ruangguru.com 28-10-2015, 11:41

betul tuh, kita harus kenali kapan waktu paling optimal untuk belajar. lalu maksimalkan belajar di jam jam tersebut supaya materi terserap dengan baik 😀

Reply

Leave a Reply